Stece Female Choir: Chanda Jantera Kala: Konser Paduan Suara Yang Mengajak Nostalgia

Hai Online - Minggu, 23 Desember 2018 | 13:33 WIB

Stece Female Choir

Penulis: Medio Putra - SMA Kolese De Britto Yogya


HAI-online.com - Stella Duce Female Choir (SFC) ialah paduan suara SMA Stella Duce I Yogyakarta, yang anggotanya terdiri perempuan semuanya, karena sekolah jogja yang satu ini memang seluruh muridnya 100 persen adalah perempuan. SFC baru aja mengadakan konser yang bertajuk Chanda Jantera Kala pada Senin (10/12) lalu bertempat di Auditorium Universitas Sanata Dharma. Konsep yang diusung pada Chanda Jantera Kala kali ini berupa flashback lagu dari tahun sekarang sampai tahun ’60-an.


Sejak 2015, SFC sudah bikin konser empat kali. Konser ini membawakan alunan yang medley di dalamnya. Sehingga menimbulkan lagu yang bernada tinggi juga punya nilai estetika yang membuat penonton memaknai lagunya, dengan ikut bernyanyi bersama.


Untuk yang belum tahu, tema Chanda Jantera Kala itu berasal dari bahasa sansakerta. Chanda artinya sebuah alunan nyanyian suci, jantera artinya berputar, sementara kala artinya waktu. Jadi di acara ini mereka membawakan lagu-lagu yang dari masa lalu, tepatnya dari tahun ‘60-an sampai tahun 2010-an.


Seperti acara pada umumnya, konser kali ini dimulai dulu dengan sambutan dari ketua konser dan kepala sekolah. Setelahnya, SFC langsung geber seluruh lagu sehingga penonton terkesan. Kerennya, seluruh lagu dibuat oleh komposer mereka sendiri, lho.


Asiknya, ada momen kejutan di saat konser. Tiba-tiba sejumlah alumni naik ke panggung untuk bernyanyi untuk menghibur para junior Stece. Tawa berbalut haru pun pecah.


Acara ini ditutup dengan nyanyian lagu 2000-an Indonesia dan barat oleh SFC. Salah satunya adalah lagu milik Smash yang berjudul I Heart You. Nah, untuk lagu yang kekinian, SFC memilih membawakan lagu Hey Tayo yang lagi viral baru-baru ini.


Acara ditutup dengan syahdu. Orang-orang terdekat personel SFC naik ke atas panggung untuk memberikan bunga dan hadiah lainnya. Ihiiy