Mengenal Fakta Seorang Pramoedya Ananta Toer

Provoke-online.com

Diupdate 14.18, 30/04/2018 • Dipublikasikan 14.18, 30/04/2018

pramoedya anata


Kenal lebih dalam salah seorang Sastrawan Indonesia!


Siapa di sini yang udah baca karya dari Pak Pramoedya Ananta Toer? Belom? Atau bahkan lo nggak pernah dengar nama belio? Serius lo?


Yaudah kalo belum kenal/tau, sekarang saat nya lo cari tahu soal salah seorang sastrawan legendaris Indonesia ini. Supaya apa? Ya supaya tahu dan kenal dong. Lika-liku perjalanan hidup dan kariernya sebagai penulis bisa jadi suri tauladan buat kita. Selain itu karya-karyanya membantu kita untuk mengenal sejarah dari sisi yang berbeda.


Nah biar kenal, berikut fakta-fakta soal Pramoedya Ananta Toer:


Lebih dari 100 Karya dan 41 Terjemahan Bahasa


Menulis kayaknya udah mendarah daging banget di jiwanya Pak Pram. Semasa hidupnya ia telah menulis 100 karya. Nggak cuma itu aja guys! Karya-karyanya pun diterjemahkan ke dalam 41 bahasa. Dengan begitu yang baca bukan cuma orang Indonesia atau orang yang bisa bahasa Indonesia aja. Tapi seluruh dunia.


Bolak-balik masuk penjara


Pak Pram lahir di tahun 1925 sewaktu Belanda masih menjajah Indonesia. Pak Pram telah merasakan penjara di masa kolonial Belanda, pendudukan Jepang, orde lama, dan orde baru. Bayangkan berapa dekade dia dipenjara terus dan tidak capek-capeknya. Belio dipenjara bukan karena berbuat kriminal, tapi dianggap kriminal karena belio menulis. Meski begitu, Pak Pram tetep menulis dan menyampaikan pikirannya. Salut!


Tetralogi Buru yang mendunia


Kalo karyanya udah diterjemahkan ke dalam 41 bahasa, udah pasti karyanya dibaca oleh dunia. Tapi karyanya "Tetralogi Buru" menjadi yang paling spesial. Sampai-sampai ada sutradara Amerika yang mau garap film dari karyanya tapi ditolak terus, katanya mesti orang Indonesia yang buat.


Sosok yang setia


Yang bikin kagum dari Pak Pram adalah kesetiaannya. Belio hanya punya 1 istri hingga akhir hayatnya.


VT


Apa itu VT ??? VT adalah kependekan dari kata veteran. Bayangkan saja nggak naik kelas ampe 3 kali, ngulang mulu dia sampe ibunya keteteran dan berhasil. Tapi tetep aja dia nggak dapet ijazah pula gara-gara Jepang dateng di saat itu.


Panjang Umur


Pak Pram termasuk manusia Indonesia yang panjang umur. Belio meninggal di usia 81 tahun dan dengan segudang pengalaman yang banyak.


Nominasi Nobel Sastra


Tidak hanya sekali saja tapi berkali-kali. Pak Pram sampai dinominasikan di kancah internasional lalu tanggapan Pak Pram begitu tenang dan berjalan apa adanya. Memang deh maestronya sastra Indonesia ada di dia deh. Salutt!!


Nah itu dia beberapa fakta soal Pak Pram. Sekarang saatnya lo mulai baca karya-karya belio. Siapa tau setelah ini kalian yang akan melanjutkan 'perjalanan' belio.