Jungkir Balik Walt Disney Sebelum Sukses dan Terkenal

Penulis: Medio Putra Baroto

Walt Disney

Bisa jadi inspirasi buat lo yang pengen nyerah.


Walaupun udah telat sehari, P! tetep mau ngucapin selamat ulang tahun dululah buat Walt Disney yang ulang tahunnya jatuh pada tanggal 5 Desember. Lo pasti sedikit banyak udah tahu siapa Walt Disney. Yups, sosok yang udah menciptakan banyak karakter kartun legendaris yang dulu selalu lo nantikan di tiap Minggu pagi. Kartun itu bahkan masih terkenal sampai sekarang dan dinikmati juga sama adek, keponakan, dan mungkin nanti anak lo. Nah, sebagai ucapan terima kasih ke Walt Disney yang udah ngasih hiburan seru di masa kecil kita dulu, yuk kita mengenal lebih dekat sosok Walt Disney. Lo mungkin juga akan terinspirasi nih dari perjalanan hidup seorang Walt Disney sampai akhirnya bisa sukses.



Via ThingLink

Jangan kira Walt Disney langsung kaya dan terkenal saat baru lahir. Dia memulai semuanya dari nol gaes. Saat masih muda Walt Disney sempet galau juga loh tapi bukan galau milih pacar yah. Dia harus memilih antara jadi aktor atau seniman buat koran. Walt Disney akhirnya memilih buat jadi seniman koran. Dia bikin karikatur politik gitu. Sayangnya, nggak laku. Nggak ada yang mau memperkerjakan dia. Walt Disney pernah jadi pengangguran nih sampai akhirnya Roy, kakaknya, ngebantu Walt buat bekerja di Pesmen-Rubin Art Studio. Itu adalah perusahaan milik teman Roy. Di sinilah Walt Disney ketemu sama Ubbe Iwerks. Mereka kerja bareng dan setelah masa bekerja di Art Studio berakhir, mereka mendirikan perusahaan yang bernama Iwerks-Disney Commercial Artists.


Ehh jangan kira perusahaan itu langsung sukses. Justru perusahaan itu cuma seumur jagung. Habis itu Disney memilih pergi ke Kansas. Dia bekerja untuk sebuah proyek film. Setelah itu Disney bertemu dengan Harman. Mereka lalu mulai bikin kartun dan merekrut banyak animator. Lagi-lagi usaha ini nggak selancar yang diinginkan. Walt Disney terlilit hutang dan pailit. Dia nggak bisa bayar gaji karyawan.


Via Business Insider

Walaupun udah dua kali gagal, stok semangat Walt Disney masih belom habis. Dia kembali bikin usaha tapi kali ini pindah ke Hollywood, California. Mereka membangun studio kartun. Demi 'kelangsungan hidup' studio itu tentu aja dibutuhin uang. Disney akhirnya mencoba buat menghubungi Margaret Winkler. Disney meminta Margaret buat mendistribusikan kartun buatannya yang berjudul "Alice Comedies". Margaret setuju dan kartun itu sukses.


Tahun 1927, Margaret Winkler menikah sama Charles B. Mintz. Pasangan ini pesen animasi ke Walt Disney sebagai kado pernikahan. Lalu dibuatlah seri "Oswald the Lucky Rabbit" yang didistribusikan oleh Universal Pictures. Animasi ini juga meledak di pasaran.



Via Dimensional Clash Wiki

Setelah kesuksesan itu, Disney ngalamin masalah baru lagi. Mintz malah mau menurunkan gaji buat Disney. Parahnya lagi, animator utama yang kerja bareng Disney juga ditarik sama Mintz. Dia bilang mau bikin studio sendiri kalo Disney nggak setuju sama gaji yang dia tawarkan. Saat itu cuma Ubbe yang nolak buat ikut sama Mintz. Uhhh… ini udah kali ke sekian Disney ditinggalkan sama karyawannya dan dia nggak nyerah. Sebagai hasil dari pantang nyerahnya, Disney berhasil bikin animasi pendek pertama yang berjudul "Plane Crazy". Animasi ini awalnya juga gagal dapat distributor. Sampai akhirnya ada perusahaan yang mau kerja sama. Kartun Steamboat Willie peeetjaaaah di pasaran diikuti sama kartun lainnya.


Beeehh…setelah penantian yang begitu lama dan kegagalan yang nggak ada abisnya, akhirnya Walt Disney mulai memetik hasil manisnya. Karya-karyanya makin terkenal di dunia. Studionya juga makin besar. Yah, dari seorang Walt Disney kita bisa belajar buat nggak pantang menyerah. Nggak ada kesuksesan yang instan. Semuanya butuh proses dan kadang proses itu kebanyakan pahitnya dibanding manisnya. Nikmatin aja.


Foto Header: ThoughtCo


Artikel linked to Provoke! Magazine dan Line Today


Portofolio Screenshot: